30 Desember 2012

Penyebab Kulit Keriput

Mengapa kulit keriput? Apa penyebab keriput? Bagaimana mencegah kulit keriput? Pertanyanan-pertanyaan ini sering kita dengar atau kita ajukan.

Secara umum kulit terbagi atas 3 lapisan, epidermis, dermis dan lapisan lemak. Dalam susunan epidermis terdapat lapisan yang paling luar disebut stratum corneum.

Penyebab utama kulit keriput adalah grafitasi bumi dan sinar matahari. Grafitasi bumi akan selalu menarik kulit kita kebawah dimana pun kita berada. Sedangkan radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus lapisan kulit dan merusak struktur kulit dibaliknya.

Dan apabila kamu suka cemberut, jutek, marah, dan nangis ga tentu arah, itupun dapat mempercepat kulitmu menjadi keriput. Ketika kamu marah, kulit diwajah akan ikut tertekuk dan terlipat, ini akan terjadi terus berulang-ulang dan bertahun-tahun. Lipatan-lipatan ini lambat laun akan meninggalkan bekas dikulit alias keriput.

Selain itu rokok juga dapat mempercepat kulit keriput. Menurut para ahli rokok dapat merusak kolagen kulit dan orang yang perokok kemungkinan 5 kali lebih cepat keriputnya dari orang yang tidak merokok. Dan yang parahnya saat orang menghisap rokok, wajahnya pun akan tertekuk dan ini lambat laun pun akan membekas.

Bagaimanapun juga keriput itu akan datang pada manusia, tetapi keriput dapat diperlambat dengan menjaga pola hidup




Sumber: howstuff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Beberapa tanggapan Anda tenteng blog ini, Terima Kasih.